Jumat, 19 Desember 2014

Camp Mata Muda?!


YIC Mata Muda 2014

Hey guys! Tanggal 9 ama 10 Desember kemaren elu tau gk ada apaan? Gk tau ya? Gua juga awalnya sih gk tau ada apaan. Setelah ikut Youth Integrity Camp Mata Muda 2014 yang diadakan oleh TII dan Pamflet, gua jadi tau kalo di tanggal segitu ada peringatan hari Hak Asasi Manusia dan hari Anti Korupsi.

Nah.. Kemaren, gua ikut Camp Mata Muda. Camp ini diadakan di daerah menteng, Jakarta. Gua agak sedikit curiga kenapa camp ini diadakan di Menteng. Menurut gua, mungkin ketua penyelenggaranya pengen salah satu dari kami (peserta camp) bisa menjadi Obama. Lah kok jadi Obama? Elu pasti paham lah maksud gua, kalo gk paham.. meding elu balik PAUD dah, hehe.

Alhamdulillah, gua bisa ikut Camp Mata Muda ini karena gua merupakan finalis dari lomba meme yang bertemakan sesuai tema Camp, yaitu Hak Asasi Manusia dan Anti Korupsi. Jujur, di awal gua bingung mau bikin meme kayak gimana, gua pun pesimis apakah gua bisa jadi finalis lomba sebagai syarat untuk ikut camp. Soalnya gua dulu pernah bikin meme di 1cak dan yang nge-FUN mentok cuma 17 orang. Gua pun hanya bisa berdoa semoga jurinya tiba-tiba ngantuk dan jarinya yang nempel di keyboard gk sengaja memilih meme gua.


Maklumin ya... Masih Amatir

Camp ini memiliki peserta sekitar 30 orang. Sebanyak 20 orang-an para finalis lomba, baik lomba meme, essay photo, essay, dan design campaign kit. Sisanya merupakan para duta dari beberapa kota yang pernah disinggahi sebagai tempat Roadshow Mata Muda. Para peserta datang dari berbagai kota di belahan Indonesia. Ada Nada dari Indramayu. Faqih dan Mas Koko dari Jogja. Ulfa dan tantri dari Lampung. Hardianti dari Makassar. Gua dari Bogor. Mas Rico dari Surabaya. Mia dan bang Ishom dari Corebon. Rei dari Palu dan roi dari Paku. Pokoknya dari berbagai daerah dan dari berbagai kategori umur.

Camp ini diadakan selama 4 hari. Selama 4 hari itu, otak kita semua di jejali (tepatnya sih otak gua yang notabene nya anak peternakan) dengan pengetahuan baru megenai isu-isu Hak Asasi Manusia dan Anti Korupsi. Jujur, gua sebagai anak peternakan sebelum mengikuti Camp ini, pengetahuan gua tentang isu-isu tersebut (isu social) masih selevel ama bocah TK. Tapi setelah ikut Camp ini, gua merasa level gua naik jadi selevel ama bocah SMP, lumayan lah aksel 9 tahun cuma 4 hari.

Dalam YIC Camp Mata muda 2014 ini. Kita semua tidak hanya dibekali materi tentang isu tersebut. Kita juga diajarkan dan diajak untuk melakukan aplikasinya, seperti bersama-sama memikirkan ide atau cara untuk meningkatkan traffic HAM di Indonesia. Belajar untuk bisa menghargai penampilan dan pendapat orang (Sebenarnya gua yang memiliki pendapat beda sendiri, yaitu “Potong tangan gk melanggar HAM”), dan beraksi dengan mengiktui kamisan (sejenis demo tapi gk rusuh) di Monas.


Gara-gara Pendapat Gua yang Greget, dijadiin Meme dah. 


FYI, Ini Namanya Kantor KOMNAS HAM


Kamisan (demo diam, gk rusuh)



Nah, niat gua yang tadinya cuma pengen tau apakah gua juara atau enggak, jadi terlupakan karena pengetahuan-pengetahuan baru yang diajarkan secara asik di tempat indoor, outdoor, dan jalan-jalan (ke KOMNAS HAM dan kantor TII). Bukan hanya itu saja, niat gua juga (mungkin) bisa teralihkan karena ada bidadari-bidadari yang ikut Camp Mata Muda tesebut… Jangan salah paham elu, gua megutip kata-kata Mas Ito di blognya.

Pemenang lomba diumumkan di malam terakhir. Malam puncak “Cultural Night” sekalian malam perpisahan, jadi sedih iihh… :’( hiks. Malam dimana para peserta dan panitia memakai pakaian adat daerahnya masing-masing, beberapa pertunjukan daerah dipentaskan, dan makanan daerah yang dibawa para peserta di pamerkan. Karena gua dari bogor, gua pun bawa talas Bogor. Tapi anehnya, pas makanan daerah dipamerkan… Talas Bogor gua menghilang entah kemana, batang idungnya kagak keliatan. Jangan jangan  dia culik.. Bahaya banget nih.


Gua Minjem Batik si Faqih, Anak Camp. (gk bawa pakaian adat) 


Para Pemenang Lomba (yang sabar ya keri... huhu)


Tari Asmaradana yang di Pentaskan Kak Will. SUper Sekaliii..

Asli… Gua bersyukur banget (Alhamdulillah), gua bisa ikut YIC Mata Muda 2014 ini. Walaupun gk juara, gua gk sedih. Karena gua bisa dapet pengetahuan baru, teman-teman baru, pengalaman baru, tas baru (gratis tanpa pajak), bisa perbaikan gizi (makanannya enak-enak dan sepuasnya), dan yang terpenting bisa ketemu bidadari, hehe. (kata mas Ito loh, bukan kata gua).

And the last I say…

Miss u all gaes…

Semoga kita bisa jadi panitia Camp Mata Muda 2015, biar bisa kumpul lagi… ^^










#Pesan Moral:

“Elu harus sering-sering ikut acara-acara bro.. sis.. selain dapet pengetahuan n pengalaman baru.. Banyak Plus Plus nya loh.. hehe”   
Posting Komentar