Kamis, 19 Juni 2014

Kegalauan PraKuliah



Kalo misal ada orang ngedatangin elu terus dia nanya,

“Menurut elu kuliah tuh gimana???”

Gue berharap elu gk ngejawab kalo kuliah tuh indah, enak (emang bisa dimakan?), banyak terjadi cinkul (cinta kuliah) kayak di FTV gitu. Enggak, kuliah tuh beda banget men! Ketika gue Tanya ke kakak kelas gue, mereka bilang kalo kuliah tuh banyak gk enaknya. Elu harus siap-siap aja begadang tiap malem, duit bulanan abis buat bayar penggalangan dana acara, gk makan, kurus. Jadi kedengeran serem ya? But, kata mereka, dari itu semua "We learn a lot about life".

Nah, karena gue juga pengen belajar banyak tentang kehidupan. So, gue memutuskan untuk kuliah!. Dan gue menyadari kalau ini tuh gk mudah. Ketika seseorang mau kuliah, pasti bakalan ngadepin dua trouble ini.

1. Jurusan

Jurusan, (diulang lagi biar dramatis) menurut gue, ini merupakan trouble pertama dan paling berbahaya buat anak-anak yang mau kuliah. Trouble yang paling ampuh buat banyak orang jadi galau, bahkan bisa merengut nyawa seseorang.

Banyak orang yang milih jurusan gk sesuai ama pationnya, kuliahnya jadi berantakan. Banyak yang milih jurusan sesuai pationnya, tapi bentrok ama kinginan orang tua, dan banyak juga yang bingung, galau mau milih jurusan apa, dan pada akhirnya hanya ikut-ikutan teman. This is truly dangerous!!!

Asal elu tau aja, jurusan tuh sangat penting untuk menunjang masa depan elu, mimpi-mimpi elu, suami atau istri elu. Dengan elu memilih jurusan yang sesuai pation elu, keinginan elu. Artinya, elu udah selangkah bahkan seribu langkah lebih siap untuk menghadapi dunia yang kejam ini…

So, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat and bakat elu. Dan jangan takut untuk dihina, direndahkan, atau dicaci oleh orang lain. Karena yang kuliah tuh elu, bukan mereka. Dan satu lagi, kalau jurusan yang elu pilih gk sesuai dengan pilihan orangtua elu. Cobalah untuk melobby mereka dengan baik-baik. “Keep Spirit”

2. Tempat kuliah

Yang kedua ini nih, yang biasanya ngebuat dunia perkuliahan tuh kayak ada kasta-kastanya gitu. Kasta pertama, atau kasta tertinggi ditempati oleh anak-anak ITB. Kasta kedua, anak-anak UI. Ketiga, UNPAD. Dan seterusnya…

Gara-gara ini nih, banyak anak-anak SMA yang jadi jaga gengsi, gengsi buat kuliah di tempat atau universitas yang kurang terkenal (karena gk ada universitas yang jelek menurut gue). Ada yang rela milih sastra rusia, yang penting kuliah di UI. Enggak banget deh. 


ITB Punya Maskot Unyu loh... :)


Menurut Elu Bener Gk?

Keuntungan Kuliah Di UI. Nyoba Apple Gratis!

Sekarang gue Tanya deh, emang yang dibutuhin di kehidupan elu nanti tuh tempat kuliah elu? Jelas 
enggak! Yang dibutuhin tuh SKILL!!!

Saran gue. Udahlah, PD aja walaupun elu kuliah di universitas yang gk terkenal, atau bahkan di pelosok hutan belantara, PD aja! Karena yang terpenting elu bisa memperdalam kemampuan elu…


Temen Gua Aja PD!
Okeh! Mungkin dua problem ini aja yang gue bahas, karena belum tentu elu nanti bisa mengatasi dua problem ini. #Pengalaman. Terakhir, gue ngutip quote dari temen gue yang udah keterima di UNDIP. Teknik Kimia…



Posting Komentar