Selasa, 30 Juli 2013

Laporan Penelitian Ramadhan

                                                               Gua ngucapin selamat puasa

Sekarang lagi bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan keutamaan di dalamnya. Bulan dimana setiap umat muslim berpuasa atau lebih arabnya shoum,  selama 30 hari full dimana diakhiri dengan baju baru dan jajanan kayak stick balado, kerupuk bentuk ikan, ketan item yang berair-air bungkus daun pisang, sampe permen karet "yosan" yang udah melintasi abad 20 ke abad 21.

                                                          permen karet terenak pas gua kecil



Selama gua idup. Gua udah 15X melalui bulan gk makan pagi ama makan siang. 7X Gua masih makan pagi dan siang. 6X udah gk makan pagi, tapi 2 atau 3 harinya masih makan siang. Dan 2X full, mudik tetap puasa. Dan tahun ini, yang ke-16, semoga aja gk kelaperan *Amin*.

Selama 15X itu. Gua memperhatikan kejadian-kejadian unik yang sudah terjadi. Membuat riset penelitian, mencari rumusan masalah, membuat latar belakang, mencari sampel, membuat simpulan, dan selesailah laporan penelitian gua yang diberi judul "Uniknya Ramadhan".

Sebelum lanjut. Gua minta elu-elu pada beliin gua es doger atau es pisang ijo buat ifthor gua. Gua lagi ngidam ama dua genre es itu. Elu beliin gua itu sebagai rasa terima kasih elu karena akan gua kasih laporan penelitian gua. *siceret information* Informasi yang gk diketahui densus 86, anak buah SBY, SBY, FBI, CIA, Obama, bahkan orang tua gua gk tau juga.

Ok. Langsung aja, biar gk makan space banyak. Gua pengen bocorin ke elu elu pada 3 keunikan ramadhan yang tidak disadari kebanyakan orang.

1. Petasan

petasan atau mercon emang udah mainstream , udah jadi temen deket kita ketika tarawih, teman ketika ngabuburit, dan teman ketika laper dan haus karena gk akan bisa kita makan. Tapi, lu tau gk? kalo petasan itu punya kepanjangan. Kepanjangan yang tidak banyak diketahui orang, hanya N4xXx P3taZanszz s37at1, Gua dengan penelitian gua yang tau kepanjangannya.

Jadi kepanjangan dari petasan adalah "PEmerasan TAnpa diSANgka" Bukan cucian yang di peras. Melainkan uang, uang kita diperas! elu tau? UANNNGGGG!!! NGOOK HOK OHOK OHOK!!!...

  Petasan beranak banyak banget ya?


                                                             bakar petasan = bakar uang


So, Kalau mau puasa berkah, mau rakyat indonesia maju perekonomiannya bukan maju perampokannya. Jauhkan petasan dari anak-anak dan keluarga sejak dini karena mercon menyebabkan kecanduan.

                                                          Tuh! Mercon bahaya kan???


2. Bedug

Bedug. Kalo yang gua tau, bedug adalah gentong gede yang gk ditutup tutup aslinya melainkan ditutup dengan kulit sapi. Buka kulit ayam, karena kulit ayam enak dimakan, takut di makan kucing.

Di bulan Ramadhan, bedug memiliki fungsi tambahan f(x) = {+1} *yang gk ngerti tanya aja guru emtekanya aja*. Fungsi tambahannya untuk menghentikan pekerja pembuat pulau. Pulau yang dibangun sepanjang malam karena jam kerjanya pada malam hari.

                                                Gua sedang membangun pulau bidadari

Karena itu, kita sepatutnya berterima kasih kepada bedug yang telah membangunkan kita untuk makan sahur.

3. Album religi

Yang ketiga ini paling unik. Paling asek dan gaul dari dua keunikan sebelumnya. Karena hal ini hanya benar-benar ada dan ditemukan di TKP (Terjadi Ketika Puasa).

Coba aja lu bayangin. Band Rock!, band Metal!, Band yang personilnya Emo semua, Band yang lagunya galau semua, coboy junior, ama JKT48 bikin album religi. Bikin lagu-lagu yang bernuansa islami, yang tadinya hanya bikin lagu-lagu galau, rock, cengeng, sampe lagu Cinta-cintaan. Geli gk?


                                                Fatin aja ikutan bikin album religi ramadhan

Gua heran. Lu juga pasti heran kan? Kenapa hal ini bisa terjadi? kenapa fenomena ini bisa terjadi? Apa hal ini terjadi karena band-band tersebut mendapat hidayah ketika bulan Ramadhan? atau ada modus dan rencana yang disembunyikan? Hanya band-band tersebut dan Allah yang tau jawabannya.

Yah. Sebaiknya kita mikir yang baik-baik aja, jangan mikir yang jelek atau kotor, takut puasanya batal.

Intinya. Bersyukur aja. Karena setiap ramdhan kita bisa dapet tambahan koleksi album religi dari band-band favorit.


Minggu, 28 Juli 2013

Ketika Monyet Merasa Cenat-Cenut

Setiap orang pasti pernah jatuh cinta, gaulnya fall in love. Apalagi cinta monyet. Sejujurnya, gua gk pernah paham arti dari cinta monyet. Apakah berasal dari cerita cinta pangeran monyet yang berjuang keras dan mati-matian melawan monster naga jahat untuk menyelamatkan si putri monyet???... ato ngak, berasal dari cerita cinta cewe kecil cantik yang bisa berubah jadi monyet???... *tau kan?*




Asli dah, gua pengen tau siapa yang bikin istilah ini. Ketemu. Dan ngomong ke dia. 

"Gua gk mau disamaain ama monyet, elu aja. Walau muka, badan, dan warna kulitnya sedikit mirip gua. Gua gk sudi!!!..."

Karena kita manusia, kita selayaknya tidak mau di sebut diri kita monyet. Oleh karena itu, Gua pengen CINTA MONYET diganti, dan dihapuskan karena telah menjajah diri kita, menjajah harga diri kita.! Jadi, mulai detik ini juga, gua umumkan kemerdekaan kita sebagai manusia dengan mengganti CINTA MONYET menjadi CINTA CENAT-CENUT. 

Alasan gua milih cinta cenat-cenut, bukan karena gua suka SMASH. Gua buka SMASH BELAST. Gua milih ini karena ketika gua mengalaminya, gua jatuh cinta, hati gua cenat-cenut ketika melihat "dia". 

OK, pokoknya elu harus menerima mendapat gua *maksa*, dan menyebarkan istilah ini, agar negara indonesia merdeka! merdeka dari pelecehan harga diri! #MERDEKA 

Karena udah bingung mau nulis apa lagi. Agar satu tema ama judul. Gua pengen cerita aja ke elu tentang kisah Cinta Cenat-Cenut gua.

Namanya cinta cenat-cenut, jadi setting tempatnya di SD gua. SD Al-Azhar 12 Cikarang. Di Al-Azhar gua mengalami cinta cenat-cenut terhadap 2 cewe, bukan 2 cowo. 

Cewe yang pertama, waktu gua kelas 3 SD. Namanya Menawan. Gua ngasih nama samaran "Menawan" karena dia berhasil menawan hati gua pertama kali. #Ehm... 

Mukanya muka Cina. Putih. Pintar. Cakep. Cantik. Cemua yang bagus dimilikinya.
  
Gua pengen kenalan ama dia. Gua waktu itu masih jadi bocah ingusan. Belum ileran. Jadi, yang gua tau, kalau mau kenal seseorang harus caper. Biar dia ngasih perhatian, kenalan, dan jadian. 

Cara gua caper berbeda dengan orang kebanyakan. Biar gk mainstream dan GREGET. Caper gua lebih cowo dan lebih chaos.

Aksi caper gua, dimulai ketika kegiatan pramuka. hari kamis. Ketika kaum Adam lagi asik lempar-lemparan gumpalan tanah merah, gua juga ngikut lempar-lemparan. 

Lagi asik lempar-lemparan. Gua lihat si menawan lagi duduk sendiri di bawah pohon mangga. Kesempatan ini tidak boleh dilewatkan. Gua pengen nyamperin dia, tapi gua takut mimisan. Gua gk mau dikatain "si mimis" ntar gua dikira bau amis. 

                                                      Duduk manis, dan diam. #EHM...

Di tangan gua, lagi ada segumpal tanah merah. Tanpa berpikir panjang, gua lempar tanah merah, layaknya mawar merah ke arah dia. Walau gua gk jago main basket, lemparan gua berakurasi tinggi. *terima kasih, dan Amin*.

Mawar yang gua lempar tepat ke arahnya, lebih tepatnya ke arah kepalanya... *hening*. Sejak kejadian itu, gua hanya bisa melihat dia dari jauh, dan kehilangan sensai cenat-cenut.... #nyesek...

Cewe yang kedua, waktu gua kelas 5 SD. Namanya Puspita, karen rumahnya satu gang sama rumah gua di jl. Puspita.

Rumah gua no.1, rumah dia no. 36. Rumah gua di awal gang, rumah dia di akhir gang. Gua cupu (culun punya), kuper. Dia cantik, famous, dan banyak cowo yang naksir dia. Gua ibarat pemulung yang mengais-ngais emas di gunung sampah. atau gembel yang merindukan bidadari...

Tapi, gua gk menyerah. Gua akan melakukan segala cara untuk mengalahkan cowo-cowo yang lebih ganteng dan lebih macho dari gua, untuk mendapatkan "dia".

Gua berusaha dekat dengan pura-pura meminjam alat tulis dia, bukan dengan menabraknya, membereskan bukunya, gk sengaja megang tangan, saling pandang-pandangan, dan kenal. Gua gk mau kayak FTV. 

Gua mencoba, mencoba, dan terus mencoba. Hasilnya tetap nihil. 

Sampai suatu ketika gua membuat suatu kesalahan di kelas. Semua orang ngata-ngatain gua. Gua hanya diam dan pengen nangis. Tiba-tiba seorang cewe berdiri, menenangkan seisi kelas, dan membela gua. Dan cewe itu adalah Puspita... #Ooh... 

Rasanya pintu surga terbuka dan gua hampir menggenggam bidadari di dalamnya. Gua semakin cenat-cenut terhadap dia. 

Kesempatan emas dateng lagi. Waktu itu lagi peajaran Olahraga. Main basebool, kampungnya kasti. Cowo dan Cewe di gabung menjadi satu tim. Gua dapet satu tim sama puspita.... :)

Gua lagi di base 2. Puspita lagi di base 1. Giliran temen gua mukul. Bola yang dia pukul menuju Base Puspita. Karena dia udah lepas tangan. Dia berlari sekencang-kencangnya menuju base 2, base yang ada gua. Dia berlari sangat kencang agar tidak tertimpuk bola. Gua sudah menanti dia dengan tangan terbuka, bersiap menangkapnya dan memeluknya #mimpi...

                                                          Yah... bermimpi jadi kayak gini

Tetapi, dia dengan sigap menangkap tiang ring basket yang menjadi base 2, dan berhenti seketika. 

Tiba-tiba gua ngeras tangan kanan gua jadi anget. Curiga. Gua liat tangan kanan gua, berharap gua gk megang tai kucing atau kejatuhan meteor ijo-nya burung. 

Gua berharap bisa menggenggam tangan bidadari. Malah bidadari yang menggenggam tangan gua. Kaget!. hampir gua mimisan dan jatuh pingsan. Gua semakin ceanat-cenut-cenit-cenot-cetot terhadap Puspita. 

Kelas 6, gua pikir ini waktu yang tepat untuk terus terang ke Puspita. 

Waktu itu lagi privat UASBN (Ujian Antar Sekolah Berskala Nasional). Puspita gk masuk privat. Ada temennya yang pengen balikin buku nya dia. Berhubung Puspita gk ada. Gua minta buku itu, dan akan mengantarkannya ke Puspita.

Gua sampe di rumah dia pake motor. Biar keliatan lebih cowo.dan macho #Ehm...

                                                    Giamana? kurang macho apa coba?

Gua pencet bel rumah dia. Hening... Pencet lagi, hening... gk ada jawaban. Gua gk mau menyerah. Pencet lagi... dan.... pintu tengah terbuka, dan bidadari keluar. Rasanya seperti terlempar dari mimpi indah. Bukan bidadari tapi ibu bidadari yang keluar. Gua kecewa. Gua pun pulang ke rumah dengan membawa "mawar" yang tak tersampaikan. #nyesek2nd. 

Mau UASBN, gua rasa ini udah waktunya untuk menyerah. GIVE UP! Gua melepas dia dan meluapkan seluruh "mawar" gua kepada tangan kanan gua, yang telah di genggam olehnya... 




Minggu, 07 Juli 2013

Teori Ngaco Hubungan Monyet-Manusia



Buah. Buah adalah suatu jenis makanan yang juga bisa dijadikan minuman. Jus, sirop, sop, perasan, ekstrakan (ada kali ya?). pokoknya buah tuh kegunanannya banyak. Buah juga merupakan anggota dari geng 4 sehat 5 sempurna, yang ketua gengnya adalah si susu. Kenapa? Karena susu mencangkup seluruh persenjataan yang dimiliki ke-4 anak buahnya. 

Ok. Kalau elu ditanya? Buah apa yang paling enak, bermanfaat, dan bermartabat? Buah apa hayo???...

Anak-anak jawab “Mangga... Nanas... Durian... Alpukat... Pisang... Apa aja deh yang penting manis...”

Anak gaul “ehm... buah apha aja dech  yang penting di Aaaak...in (suapin) ama pacar aq”

Orang tua gaul “yah... tentu saja buah hati kami, iya gk ma?” (noleh ke istrinya) “ya iyalah pah”...

Kalo monyet “uuuoooaaakkkk... uu... aaa... kkk...  iii.... saaaannggggggggggggg....” right pisang!

Kalo gua pribadi “pisang!” mantap... sama kayak monyet. 

gimana? ngeliatnya aja udah ngiler

Mentang-mentang jawaban gua ama monyet sama. Jangan ngatain gua kayak monyet donk... gua punya alasan tersendiri, kenapa gua suka pisang, dan monyet pun punya alasan tersendiri kenapa dia suka pisang... Beda men alasannya!!! 


Jangan bilang kalo miripp!!!

Okeh. Alasan gua ama alasan monyet gk usah elu pikirin. Yang penting tuh yang dibawah ini...

Setelah gua mengetahui kalau gua dan monyet sama-sama suka pisang. Gua melakuakan sebuah riset penelitian. Penelitian yang memberikan gua cahaya yang membimbing gua untuk menuju sebuah jalan kebenaran.

Gua ngesearch di mbah google. Terus search dan search. Mengumpulkan segala informasi yang penting dan mungkin aja penting... dan setelah menempuh perjalanan yang panjang, keringetan karena AC lagi error, dan menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar kaca. Gua ngaku, sebenernya yang bikin lama proses riset gua sih gara-gara gua twitter-an ama facebook-an. Tapi setelah beberapa jam berlalu, pada akhirnya tercapailah suatu kesimpulan.

Gua menemukan bukti kuat. Kekuatannya sama kayak kuatnya supermen di film man of stell melawan musuhnya jendral zord. Bukti kuat kenapa hewan yang paling dekat, dan paling mirip ama manusia adalah monyet. Kenapa? Karena dia suka pisang...

Yap!, Pisang merupaka buah yang sangat bergizi dan sangat enak. Mengandung banyak zat-zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau pisang dapat menambah konsentrasi anak di dalam proses belajar. Dari penelitian tersebut gua ama elu dapat menarik kesimpulan sederhana. Kalo sebenarnya monyet mengetahui hasil penelitian ini, karena itulah si  monyet pun makan banyak pisang. Semakin banyak monyet makan pisang semakin tinggi daya konsentrasi yang dimilikinya, dan semakin tinggi potensi monyet, untuk menyerap segala informasi yang di terima si monyet. Jadi. Jelaslah terbukti, dengan pisang! MONYET BISA MIRIP MENJADI MANUSIA (dari sisi kepintaran)

Main ke Mother City


Kalo ditanya hobi, beberapa orang bilang kalau dia punya hobi traveling, ya... traveling. (bagi yang gk tau artinya, yaitu : jalan-jalan) tapi kalau gue sendiri. Kalau ditanya hobi ngak ama traveling? Jawaban gue sih, nggak. Tapi gua hobi main. Main game, main bola, main futsal, main perempuan (red: jangan salah paham, ama adek bayi ane) and... main ke kota lain. (lah... bedanya ama traveling apa???)

Judulnya kan  traveling kok jadi bahas hobi sih? seseorang bertanya. “yaudeh gua , hobi, END!!!. Puas elu??? Lagian judulnya juga main ke ibukota. Dasar!”

OK. Jadi gini. gua kemaren Selasa dan Rabu (2 juli 2013 – 3 juli 2013) ama temen-temen gua, Rifki Ibrahim, Rangga Pratama. tadinya ada Muhammad Ihsan  pengen ikut, akhirnya dia cuma bisa PHPin kita bertiga dengan tidak membalas mention yang telah kita kicaukan, tidak membalas sms yang telah kita tuliskan, dan tidak mengangkat telepon yang telah kita telponkan (?) . pada akhirnya dia bales smsnya, bales mentionnya, tapi gk bales telponnya (red: gk punya pulsa...) dia hanya bilang. “sorry ya? Gua ketiduran”. WHAAAATTTTTTT?!?!?!  Dengan santainya dia bales mentionan gua. Ini oranng pengen diapain sih *rambut keritingnya pgn ane kasih sampo metal biar kayak benakribo* 


   Ini nih Bena Kribo, si ihsan pengen gua giniin rambutnya


Oh iye, acara main ke ibukota ini sang pengagasnya adalah rifki, dia ngajak banyak orang dan banyak juga yang PHP-in dia. Kasian banget temen gua satu ini.

Lanjut!, Kita mulai start main ke kota metropolitan, mothercity of our country , yang sering disebut-sebut Jakarta dari bekasi, jam 10.45. kita bertiga berkumpul di stasiun bekasi.

Lihat loket untuk beli tiket. Kita bertiga saling menatap muka satu sama lain (kayak di film-film), kita bertiga gk ngerti sama sistem pembelian tiket yang menggunakan e-ticket atau kartu yang dijual diabang-abang 2000an. Rangga ama Rifki terlalu takut untuk membeli kartu tersebut. gua (dengan slowmotion) maju mengantri dan sampai di depan mbak-mbak penjaga loket.

“Mbak ada tiket yg biasa ngak?” (gua nanya kayak gitu, gara-gara ada tulisan “kartu multi trip Rp50.000”)

“oh, itu udah jadul mas. Sekarang pakenya kartu mas.” (ketauan ketinggalan jaman gua)

“harganya kalau ke jakarta kota berapa mbak?” (malu, takut dikatain JADUL)

“oh, 3500 aja kok mas. Mau mesen berapa?” (3500???... gua hampir gk percaya).

“oke deh mbak. Pesen tiga ya?”

Akhirnya keluarlah tiga kartu berwarna orange yang ada gambar keretannya.

“ini uangnya mbak. Makasih”



Satu hal yg ane pikirkan ketika megang kartu itu “lumayan nih buat pajangan di dompet”

           Kurang keren apa coba???...


    1. MASJID ISTIQLAL 
        
        Istqlal. Ya, temen gua si Rangga, begitu seneng tujuan pertama kita ke istiqlal, karena dia mengunjungi Istiqlal, terakhir kali pas masih kecil, masih ngedot, kasiaannn deh...


Si Rangga Minta di poto Buat Kenang-kenangan

Di istiqlal kita sholat zuhur aja terus kita caw ke MONAS...

    2.  MONAS (MOnumen NASional)

Gua ngaku, gua udah lama gk ke monas, jadi melihat tiang berapi emas itu membuat gua dan kedua teman gua terharu, dan membuat juga lagit terharu (hujan).
Masuk monas ternyata ada tiketnya, ada juga paketnya. Pelajar, Mahasiswa ,dan Dewasa. Karena paling murah tiketnya pelajar, jadi gua ama ripki nyuruh si Rangga buat beli tiket, biar mbak-mbak loketnya percaya, kalau yg beli pelajar. Kalau ripki yang beli dikira mahasiswa, dan kalau gua yang beli, ntar dikira kaek-kakek

Okeh, kita masuk ke bagian bawah monas, langsung ada miniatur monas yang menyambut kita, Gua ama Rangga hanya dengan kontak mata langsung meminta rifki untuk memotret kita berdua.


dua orang yg mupeng pgn naik ke bag. Atas monas. Cuma bisa liat monas dari atas. Huft...

Dari monas gua mendapatkan suatu fakta unik, orang yg ke monas pasti jadi pengen eksis di depan kamera. Gk tau kenapa, kita bertiga tadinya gk eksis, jadi eksis masing-masing...

                                              
Si Rangga Lagi Nerima Buku dari Dr. Soetomo

    
 Gua abis salam-salaman ama patung

                                                
     Kalo si rifki, pegen ngajak ribut pemain bola


Setelah kita merasa bersuka ria di monas, kita pergi ke....

3. OLD CITY

Monas selesai, rencananya kita pegen ke kota tua, tapi karena Madho (temen yang bakalan nampung kita betiga) gk bisa nyusul kita gara-gara kagak dibolehin ama mamanya. Jadi yang tadinya pengen ke kota tua, kita cancel dan pergi ke...
    
3. Madhos House

Transport yang kita gunakan adalah..... BUSWAY! yeay! gua sangat-sangat senang sekali coy, karena ini momen perdana bagi gue untuk naik busway, ASSSEEEEKKKKKKKKKK.....

                    Perasaan senang, terharu, bahagia, gembira, bercampur aduk di kepala gua

Setelah menempuh perjalanan 1 jam-an yang sebelumnya transit dulu di harmonia, bukan R.S. Hermina. Akhirnya sampai juga di PIM (Pondok Indah Mall), rasanya pengen ketemu artis-artis macem Raditya Dika, tapi gk ketemu tuh... *sedih. :(

Dan setelah beberapa ratus menit berlalu, datanglah Madho untuk menjemput tiga anak ilang di PIM, (perdana coy...) gara-gara huja lebat, kita pergi ke rumah madho naik Taksi. Jadi berasa orang kaya nih. hehe :) 

Seperti kebanyakan anak-anak gaul jaman sekarang, main kerumah temen tuh hanya untuk nonton atau maen PES atau main FIFA.

Madho ama Rangga lagi maen FIFA, yang kalah ganti gua.

Planing dari rumah madho, si Ripki pengen beliin temen kita Jenglot (panggilannaya) baju distro, tapi distronya bukan sembarang distro.

4. Distro KDRI

Ini bukanlah sembarang distro, karena distro ini didisanin oleh (Kementerian Disain Republik Indonesia) kepajangan KDRI... mantap kan? tapi belom resmi loh.

Letaknya di Tebet, setelah menempuh perjalanan panjang yang sangat melelahkan karena kita harus mengantri dan bergesek-gesekan dengan penumpang Busway yang lain, dan menempuh perjalanan dengan jalan kaki  sejauh ratusan.... ratusan... meter.

Oh iya, rombongan kita nambah satu orang, anak BISMANIA, namanya Adit Bis. gk tau Tebet tuh daerah mana, kita memutuskan untuk naik Taksi lagi....

Tersesat....

Bingungg...

Kebelet kencing... (AC taksinya dingin amat)

Akhirnya sampai juga dengan selamat  dan dengan rasa kebelet kencing yang sudah klimaks... gua, Rangga, ama Adit. Numpang kencing di kantornya mas waditya... owner of KDRI distro. Dan penulis “Sila ke-6 : KREATIF SAMPAI MATI”.

                                                          ada robot star wars!!! keren cuy!

Kantornya sih udah menarik, dekornya udeh kreatif, sayangnya WC nya kagak di kreatifin, atau didisain gitu. (maaf poto WC sengaja tidak ditampilkan, takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan)

DI KDRI rombongan kita nambah satu orang lagi, yaitu Iqbal Rachman, yang abis maen ke rumah temennya yang cewe. Pasti pahamlah apa yang dilakuin dia... #Ekhem

“Kesuksesan tidak akan diraih jika kita berhenti di dalam kegagalan kita” –someone

Pepatah itu terbukti kebenarannya. Kemaren gagal ke OLD CITY, Hari ini kita berhasil ke sana... 

5. REAL OLD CITY 


Kita berlima sangat bersyukur, bisa ke OLD CITY, namun langit menyambut kita dengan tangisan sesenggukannya (red: gerimis). Tapi hal tersebut tidak menjadi maslah bagi kami ber-5. Kita sangat menikmati OLD CITY... 

 Menikamti Cheetatos di Indomaret OLD CITY

Saking indahnya kita hanya dapat melihatnya...

 Kita berempat udah kayak mau nge-BOYBAND

Puas main di OLD city, kita langsung sholat maghrib dan saling berjabat tangan satu sama lain di bundaran air mancur hijau (airnya kgk jernih, tapi warna hijau) di penyebrangan jalan via terowongan. Dan kami berpisah satu sama lain. Sebenarnya adit doank yang misah, dia anak jakarta sendiri, kalau kita berempat masih tetep bareng2 naik kereta ke bekasi. Lalu pulang ke rumah masing-masing... :)